“Ciptakan Lingkungan Literasi: Mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro Lengkapi SDN Satriyan 2 dengan Pojok Baca Inspiratif” Batang (16/8/2023) - Dalam upaya meningkatkan tingkat literasi dan minat baca di kalangan pelaj

  • Aug 16, 2023
  • KKN Undip 2023

Batang (16/8/2023) - Dalam upaya meningkatkan tingkat literasi dan minat baca di kalangan pelajar, Mahasiswa Tim 2 KKN (Kuliah Kerja Nyata) Universitas Diponegoro 2022/2023 telah meluncurkan inisiatif yang inspiratif. Dengan semangat untuk mendorong kegemaran membaca sejak dini, mereka telah berhasil menciptakan sebuah "Pojok Baca" yang inovatif di Sekolah Dasar Negeri (SDN) Satriyan 2 yang berada di Desa Satriyan, Kecamatan Tersono,Kabupaten Batang, Jawa Tengah.

Tim KKN Undip terdiri dari 12 mahasiswa lintas jurusan yang berasal dari berbagai latar belakang akademis. Dengan tekad yang kuat untuk memberikan dampak positif bagi masyarakat, mereka memilih SDN Satriyan 02 sebagai tempat pelaksanaan proyek ini. Tujuan utama dari inisiatif ini adalah untuk merangsang minat baca anak-anak sejak dini serta meningkatkan tingkat literasi di kalangan pelajar.

Pojok Baca yang dibangun oleh mahasiswa tim II KKN Undip merupakan ruangan yang dirancang dengan penuh kreativitas dan daya tarik visual. Ruangan ini dilengkapi dengan rak buku dengan koleksi berbagai genre dari cerita-cerita fiksi hingga buku-buku pengetahuan.

Salah satu anggota tim, Vicky Bintang selaku penanggung jawab proyek pojok baca ini, mengungkapkan, "Kami ingin menciptakan lingkungan yang merangsang rasa ingin tahu dan imajinasi anak-anak. Dengan mendesain Pojok Baca ini secara menarik, kami berharap dapat membuat anak-anak merasa senang dan terpikat untuk membaca."
Proses pembangunan Pojok Baca melibatkan kolaborasi antara tim KKN dan pihak sekolah. Mahasiswa bekerja keras untuk mengumpulkan berbagai alat, bahan, serta koleksi buku yang nantinya digunakan untuk menciptakan pojok baca yang menarik. Selanjutnya, mereka melibatkan siswa-siswa SDN Satriyan 2 dalam menghias ruangan tersebut, sehingga memberikan rasa memiliki yang lebih kepada mereka.

 

Kepala SDN Satriyan 2, Ibu Aisah, menyampaikan apresiasinya terhadap inisiatif ini. "Kami sangat mengapresiasi kerja keras dan komitmen dari tim KKN Undip dalam membangun Pojok Baca ini. Semoga Pojok Baca ini dapat menjadi tempat yang menginspirasi para siswa untuk menjelajahi dunia melalui buku-buku."

 

Pojok Baca ini diharapkan dapat menjadi tempat yang ramah anak dan mampu menciptakan pengalaman membaca yang menyenangkan bagi para pelajar. Melalui upaya kolaboratif ini, Tim 2 KKN Undip telah memberikan kontribusi yang berarti bagi peningkatan tingkat literasi dan minat baca di SDN Satriyan 2. Diharapkan, inisiatif semacam ini dapat menginspirasi pengembangan program serupa di berbagai sekolah lainnya, guna menciptakan generasi yang gemar membaca dan memiliki wawasan yang luas.